Not Indonesian? Translate This Page to Your Language!

Friday, 12 July 2013

OTOMOTIF - BERITA OTOMOTIF : HOT! BASIS MESIN YAMAHA 250CC

BERITA OTOMOTIF Terbaru kali ini akan membahas rumor mengenai kandidat mesin yang akan digunakan Yamaha 250cc, katakan lah Yamaha YZF-R25.



Dari info yang saya dapat dari maaleo.com, Mesin yang akan digunakan untuk Yamaha YZF-R25 menggunakan basis mesin Yamaha WRX 250! Lah! Beda dengan gosip yang selama ini beredar donk, yang menyatakan bahwa Yamaha akan menggunaka mesin 2 Silinder! Disebutkan bahwa, type mesin tersebut adalah DOHC Single Cylinder 5 Titanium Valve! Titanium? Wow, Titanium kan harganya lebih mahal dari emas? Wah masa? Bisa dicek diwikipedia kalo ga percaya :D,

Berikut beberapa kelebihan Titanium :

1. Titanium Sama kuat dengan baja tapi beratnya hanya 60% dari berat baja.
2. Kekuatan lelah (fatigue strength) yang lebih tinggi daripada paduan aluminium.
3. Tahan suhu tinggi. Ketika temperatur pemakaian melebihi 150 C maka dibutuhkan titanium karena aluminium akan kehilangan kekuatannya secara nyata.
4. Tahan korosi. Ketahanan korosi titanium lebih tinggi daripada aluminium dan baja.
5. Dengan rasio berat-kekuatan yang lebih rendah daripada aluminium, maka komponen-komponen yang terbuat dari titanium membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibanding aluminium.

Titanium umumnya digunakan sebagai bahan pesawat tempur dan peralatan perang karena berbagai kelebihannya dibandingkan logam lainnya. Nampaknya Yamaha sangat serius untuk produk 250cc nya kali ini. Memang mesin WRX adalah mesin single silinder yang saat ini dinilai kalah 'hawa' dengan mesin dual silinder (karena faktor suara khas moge kah?), akan tetapi bukan berarti performanya kalah dengan mesin dual silinder. Bahkan pernah saya lihat di Youtube, Yamaha WRX single silinder mampu mengalahkan Kawasaki Ninja dual silinder dalam hal akselerasi, namun akhirnya kalah ditop speed. Tidak percaya lagi? Berikut Videonya, silahkan Bro n Sis cek,



Bagaimana? Percaya sekarang? :D

Selain itu diperkirakan basis mesin yang diambil dari Yamaha WRX 250cc ini akan memiliki Power 30HP dan maximum peak 35HP. Sangar ngga untuk ukuran mesin 1 silinder 4 tak?
Namun hal ini baru sekedar info yang belum didukung sumber-sumber dan bukti-bukti yang kuat. Tapi alangkah baiknya jika kita tampung informasi ini, jadi bagi yang menunggu Yamaha Dual Cylinder tidak terlalu kecewa jika suatu hari nanti Yamaha 250cc meluncur menggunakan mesin single silinder. Kalo saya pribadi sih berharap Yamaha 250cc kelak dibekali mesin Dual Cylinder (kaya kebeli aja :D).


Kalau menurut Bro n Sis bagaimana? Yamaha 250cc Dual Cylinder atau Single Cylinder? Silahkan dikomentari, semoga bisa menjadi pencerahan buat kita semua disini.

Oke, Sekian sekilas Berita Otomotif hari ini, semoga berguna bagi nusa dan bangsa.

Reactions:

11 comments:

  1. masih rumor, hoho

    http://otoradians.blogspot.com/2013/07/alasan-sepakbola-indonesia-belum-maju.html?m=1

    ReplyDelete
  2. wrx 1 silinder itu mahal,lebih mahal daripada ninja 300 FI. . .tapi kalo diindonesia sih,udah bnyak bukti 2 silinder,kalo diluar ya tak tahu. . .lha ninja 250 aja mau bikin versi 1 silinder diluar sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, org luar katanya lebih suka yg 1 cyl malah :D

      Delete
  3. kalau model 11 12 ama R1 diatas harga lebih murah dari Ninja 250 ya pasti kayak kacang goreng

    mampir ya bro..
    http://iwakcumi.blogspot.com/2013/07/biografi-valentino-rossi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang goreng ato pisang goreng bro? haha

      Delete
  4. keren gan. semoga desainnya mirip r6, mantap..

    www.kiostiket.com

    ReplyDelete
  5. nech spy shot nya... :D

    http://infomotorbaru.com/foto-spy-shoot-yamaha-yzf-r25/

    ReplyDelete
  6. mantap gan informasi yang menambah wawasan trimakasih .

    ReplyDelete

  7. informasi sangat membantu sekali,mudah - mudahan artikel ini bermanfaaat untuk semuanya.
    trimakasih atas kunjungannya .

    ReplyDelete

Silahkan Dikomentari Bro/Sis!