Not Indonesian? Translate This Page to Your Language!

Wednesday, 3 July 2013

OTOMOTIF : KNALPOT RACING DILARANG, TAPI MOTOR 2 TAK TIDAK!


Hukum dinegara ini memang lucu,  cenderung hukum tersebut hanya 'tajam' bagi rakyat, tapi bagi aparat penegak hukum sendiri bagaimana? Tanya aja sama galileo. Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman pribadi yang 'lucu' tentang peraturan lalu lintas yang lebih spesifiknya yaitu peraturan yang melarang penggunaan knalpot racing!

Begini ceritanya,

Pada suatu ketika (halah) , saya sedang memperbaiki motor saya disebuah bengkel yang kebetulan letaknya bersebelahan dengan pos jaga polantas. Disana terlihat sesosok polantas yang sedang berteduh dibawah pohon dekat dengan motor dinasnya, motor tersebut adalah motor Yamaha RX King! Ya,motor 2 tak yang tentu saja mewarisi bakat motor-motor 2 tak pada umumnya ,yaitu polusi udara dan polusi suara! Seketika muncul niat iseng untuk tanya-tanya ke pak polisi tersebut, kurang lebih begini dialognya:

Saya:  siang pak!
Pak Polisi:  siang,ada apa?
Saya: begini pak,saya mau tanya kenapa motor 4 tak dilarang pakai kenalpot racing?
Pak Polisi: iya dek, karena berisik dan suka dipakai kebut-kebutan!
Saya: lho, kalau begitu kenapa motor 2 tak yang lebih berisik dan suka dipakai kebut-kebutan tidak dilarang? (Sambil lirik motor 2 tak pak polisi)
Pak Polisi:  iya juga ya? (Sambil nyengir), ya mau gimana lagi, namanya perintah atasan ya dijalankan saja, kami kan hanya bawahan
Saya: oh gitu ya pak, enak ya yang punya motor 2 tak ga perlu mikirin polusi sama polisi
Pak Polisi:  bisa aja

*Selebihnya dialog basa-basi yang ga penting.


Dari dialog diatas kita dapat simpulkan,  aturan tersebut dibuat tanpa persiapan yang baik, disaat ingin menerapkan standar emisi gas buang ,eh malah mereka sendiri yang melanggar! Apa ga konyol tuh? 4 tak dengan knalpot racing dinilai kebih berbahaya dibanding motor 2 tak?
Selain itu , jika aparat menindak pengguna knalpot racing dijalanan, atas dasar apa mereka menindak? Toh mereka tidak memakai alat pengukur emisi gas buang dan pengukur kebisingan suara? Padahal diundang-undang pun jelas dan ada standar ukurannya.
Yah intinya kalo mau buat peraturan itu yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Dan jika ingin negara tercinta ini terbebas dari polusi, ya harus tegas tanpa pandang bulu, contoh negara maju yang sudah sukses menerapkannya. Lha diindonesia mobil tua taon kuda makan sabun aja masi bebas berkeliaran kok. Dasar lucu!

Malahan motor 2 tak masih dijual bebas kok diindonesia!


Cukup sampai disini saja kita bahas, emosi nih kalo diterusin, jadi merasa kaya Bakabon malahan.

Salam Re-Polusi!


Reactions:

35 comments:

  1. yang berisik itu knalpot 4 tak yang asal jadi. suara knalpot motor sport ga seberisik itu saya rasa. lagipula motor 4 tak aja yang knalpot racingnya ditilang tp motor 2tak knalpot racing ga sama sekali ditilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo didaerah saya, ga pandang bulu untuk knalpot 4 tak bro, skalipun pake DB Killer tetep aja kena, kan metode terawang aja, ga pake tes2an bro! Diskriminasi 4 tak ya? padahal polusinya lebih rendah dari 4 tak :D

      Delete
  2. alah ngiri aja lo gan ga bisa beli ninja, lagian ninja yg sekarang ga berisik2 amat. Nah, kenapa knalpot 2 tak masih dibolehin di Indonesia? soalnya belum ada teknologi yg bisa ngeredam tu suaranya yg bikin polusi. Kalo udah ada, ya pasti setiap 2 tak diwajibkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngiri buat ngeracunin org laen dgn polusi? Ga tuh :D
      Lagian kalo ga sanggup beli kan bisa kredit...wkwkkwk

      Delete
    2. polusi? ninja yg keluaran terbaru tidak terlalu berpolusi tod, mending lah dari pada polusi orang ngerokok

      Delete
  3. yah percuma lah mank macam org seperti ini yg selalu menjelekan qt sesama riders bro tidak perlu menjelekan mank situ dibayar BERAPA ???
    salama rider

    ReplyDelete
  4. Kawasari ninja 150RR murah ko 40 juga masih dapet kembalian tuh...,2 tak aklerasinya mantap lho bro....
    POSTINGANYA OK tapi lucu...
    SALAM DAMAI

    ReplyDelete
  5. hukum di negara kita memang banyak yg lucu dan aneh gan..

    agen tiket pesawat

    ReplyDelete
  6. Itulah enaknya motor 2 tak.....

    ReplyDelete
  7. 2 tak 4 tak ??sama ajja . . .smua trgantung pmilik mtrnya masing2,pda mksudt kan pzti,iya gk bro?

    ReplyDelete
  8. rxking motor dinasnya polisi bukannya yang udah lolos euro2 ya ? Yg suaranye adem.
    Masalah ninja 2 tak, dia juga gak berpolusi2 amat tuh. Nyatanya lolos euro 2 juga. Kalo gak lolos gak bakalan ada yg baru begok

    ReplyDelete
  9. yang brising itu knalpot abal2 yg di produksi oleh rumahan dan ahli knalpot. nak yg pabrikan g ada yg brising tu. polisi nak mau tega masalah knalpot haruse tutup pembuat knalpot dan aparat yg pakai knalpot racing di pecat langung

    ReplyDelete
  10. Saya bisa mengerti kalau penulis adalah produsen knalpot racing yg terancam gulung tikar.. Tp jika anda adalah rider spt saya tulisan anda jelas tendensius. Bicara polusi apapun jenis kendaraannya apapun jenis mesinnya haruslah di perlakukan sama. Besar kecilnya polusi bukan di tentukan jenis mesin tp pengujian langsung lewat uji emisi. Mesin 4tak dgn pembakaran yg tidak sempurna bisa jadi lebih berpolusi ketimbang mesin 2tak dengan pembakaran sehat. Benar hukum di indonesia banyak yg "lucu" spt kata anda tp pola pikir anda yg tendensius sungguh jg tdk kalah lucunya.

    ReplyDelete
  11. iyaa harusnya mau 4 tak atau 2 tak yaa harus ditindak, gausah pandang bulu, polisi cuma kaya robot di indonesia, cuma makan perintah atasan, ga pakai akal sehat lagi, kalo atasan udah bilang gini ya harus gini, gak dipikirin standar suara yang jelas atau polusinya, cuma sok tau aja pake sistem pendengaran telinga mereka, loh telinga manusia kan beda2, polisi satu yang gak budeg bilang ini mellanggar, polisi 2 yang budeg bilang ini masih boleh kenalpotnya, berdasarkan pendengaran mereka masing2, loh yaaaaa gabisaa pak... ckck salaam 1 aspal

    ReplyDelete
  12. klo bedain suara knalpot antara 2 tak dan 4 tak loe emang bodoh, lha dari jenis mesin aja beda mana ada knalpot 2 tak tidak bunyi ,,klo loe tambahin polusi udara di knalpot 4 tak tidak ada maka loe LEBIH BODOH lagi dikarenakan baik knalpot 2 tak dan 4 tak sama2 bertenaga dari pembakaran bensin so wajar ada sisa pembuangannya,hanya saja di 4 tak tidak terlihat jelas...klo kalian semua ingin dunia hijau mari kita dukung pembuatan mesin dari energi lain semisal listrik, matahari, dll.
    ok?? win-win solution khan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bodoh orang yg ga bisa pahamin artikel n arah pembicaraan, kaya bakabon malah...wwkkwk

      Delete
  13. g bilang kawasaki pikirin duit —> ya iyalah, bisnis mah pikirin duit dong, jadi pikiran apa kalo bukan duit ?? pikirin cinta ?? cape deh…

    yg bilang ninja 2 T polusi —>ngaca woi, motor 4T dan 2T (apalagi yg karburator) sama-sama berpolusi. emisi ninja 2T itu lebih baik tahu dari motor 4T butut loe.. yg kebanyakan komen negatif, paling gak sanggup beli ninja 2T dan yg loe-loe punya pada paling2x motor butut 4T yang udah mulai ngebul.. wkwkwkwkwk

    yg bilang ninja 2T cuma diproduksi di Indo —> ya elah, mugkin di negara lain udah ada motor yg lebih bagus performanya/lebih worth utk dibeli, tetapi tidak dengan di indonesia bro. motor-motor 4T di indo (apalagi yg punya jepun keparan) hampir semuanya (95%) BUSUK, tenaga tempe, loyo,model malu-maluin, iritnya gak seberapa, udah gitu mahal lagi. ya wajar dong, ninja 2T masih sangat diminati.

    yg sok peduli lingkungan —> saya amati sepertinya anda bukan peduli dengan lingkungan, tetapi karena ada dendam ya dengan motor 2 tak ?? anda pasti biker juga kan karena anda rutin ngunjungin blog ini. atau punya pengalaman buruk dengan motor 2 tak, khususnya ninja 2T?? ato jangan-jangan cewek loe direbut ama cowok yg pake ninja 2T ya gara-gara loe cuma punya motor 4T butut, udah ngebul lagi?? kalo anda emang peduli lingkungan, sono jual motor loe (4T ato 2T) pake sepeda,

    cape deh tiap hari ngurusin biker yg sok peduli lingkungan. motornya aja 4T yg udah ngebul, cape deh…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Commentnya panjang amat? lebih panjang dari artikelnya, baca 1 alenia aja udah males...wkwkwkk

      Delete
  14. taukah anda… polusi terbesar didunia tidak disebabkan karna asap kendaraan motor yang anda pakai… tapi kotoran hewan Dan manusia yang menguap… bahkan polusi tersebut tidak akan menyebabkan lapisan ozon bumi bolong..Karena secara proses alaminya bumi butuh milyaran tahun sampe lapisan ozon menipis… Dan tahukan anda isu tentang bolongnya lapisan ozon Dan pemanasan global adalah hoax belaka? kenapa bumi yang kita tempati makin lama makin panas?? yup jawabannya bukan karna bolongnya lapisan ozon tp karena aktifitas badai matahari yang akhir 2 ini menyebabkan bumi lebih panas Dr yg seharusnya… dan yang perlu anda ketahui.. bumi kita sekarang dalam tHap pendinginan global… bukan pemanasan global…. kenapa timbul hoax seperti itu?? tanya tuh pemerintah luar negri yang mengambil untung besar Dr isu pemanasan global tersebut… semoga info ini membantu…

    ReplyDelete
  15. Kennedy@ like bwt u mas bro
    Salam ninin jogja

    ReplyDelete
  16. Kennedy@ like bwt u mas bro
    Salam ninin jogja

    ReplyDelete
  17. Ohhh gitu...hmmm...ohhh gitu hmmm... :D

    ReplyDelete
  18. Blog Seputar Komputer dan IT http://alienkomputer.com/blog/

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. kapal aj 2tak bisa nqeluarin asap, dari cerubung asap... haha

    ReplyDelete
  21. dari gambar yang lu posting, knalpot yang di lindas sama motor ninja tuh bisa di bayangin ga suaranya kayak apa? , mana yang lebih berisik kalo di pake masuk gang? kebanyakan pemilik motor 4t memang ingin suara knalpotnya berisik biar di anggap garang, sementara 2t ingin suara knalpotnya halus biar ga diaggap katrok. itu alasan konsumen gw karena gw pemilik benkel knalpot. klo masalah polusi tergantung kesehatan motor masing2.

    ReplyDelete
  22. Gaya Ku Congg. Motor 4tak lu paling motor BEAT. Jgn gitu Cong sesama Riders 2tak atau 4tak jgn lu banding2in. Cocoknya motor lu bandingin sama BIS KOTA yang kaya CUMI nyembur asep item

    ReplyDelete
  23. Gaya Ku Congg. Motor 4tak lu paling motor BEAT. Jgn gitu Cong sesama Riders 2tak atau 4tak jgn lu banding2in. Cocoknya motor lu bandingin sama BIS KOTA yang kaya CUMI nyembur asep item

    ReplyDelete
  24. Klo menurut ane kenapa ninja 2tak masih bebas produksi karna teknologinya mantap.. Saat baruan polusi gak ada di ninja 2tak..
    Tapi setelah di orang yg membelinya yg mulai muncul polusi, kbanyakan kan gak pada di urus la wong motor 4tak aja smpe ada yg ngebul lebih dri 2tak aja masih di pake di jalanan...
    (polusi engganya kendaran tergantung pemiliknya bro)

    Dan klo masalah suara sih,,, asal beli knalpot yang asli pasti enak di dengar..
    Klo yg kw sih pasti klo di geber suara pecah 2 tak juga sama klo kw pasti ada perbedaan dengan yang asli...
    (ane gk mentingin merk bagus ngga yg pasti kata pemilik bengkel moge langganan ane, klo mau main suara, murah dan aman ya nob1,, tapi klo mau main merk r9, austin atau sejenisnya)
    Ane pke nob1 ke Luar kota berkali" pun aman.. Soalnya suara stabil di 70DB.. Dan suara bulat/ngebass gak pecah.. (ane pke db testter) ambang batas 150cc 80DB 150cc ke atas 90DB (setau ane)


    Tpi skrng ane pengguna 2tak..... Dan lagi nungguin knalpot pdk pesanan mendarat 😂😂

    ReplyDelete
  25. jadi hentikanlah pake knalpot motor dengan suara bising! ga keren tahu!


    The body shop (grand launching up to 50% off)

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=201.3378&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F3554304410%2F%3Fsmtt%3D201.3378

    ReplyDelete
  26. Mau bising sebising apa motor anak alay nggak ngefek ,,ASAL JANGAN YANG KNALPOTNYA NYEMBUR KE MUKA DIBELAKANGNYA.

    ReplyDelete
  27. Lucunya adalah,ga boleh dipake tapi diizinin dijual.
    Dan kalo di pikir pikir luar biasanya pemerintahan di negeri ini,udah dapet pemasukan dari perizinan/penerbitan merk knalpot tersebut (jika merk resmi),pemasukan dari cukai (jika import),dapat pemasukan pula dari tilang. Setelah itu,knalpot yg dibeli,disita lalu dimusnahkan. Masih mau bilang rakyat.. eh maksudnya,pemerintah indonesia kurang pintar? Maka dari itu,banggalah jadi warga indonesia ����

    ReplyDelete
  28. wah infonya saat bermanfaat gan :D terima kasih cara save video live instagram

    ReplyDelete

Silahkan Dikomentari Bro/Sis!