www.domainesia.com

Not Indonesian? Translate This Page to Your Language!

Thursday 4 July 2013

Google memang tekenal royal memberikan fasilitas-fasilitas teknologi informasi yang innovatif namun gratis. Bandingkan saja dengan raksasa teknologi informasi lainnya semisal Microsoft, Oracle, Apple dan lainnya yang cenderung lebih banyak menggelontorkan service yang bersifat komersial.

Di Info IT kali ini saya akan membahas salah satu service gratis dari google yang keberadaanya sudah cukup lama namun masih banyak yang belum tau apa lagi memanfaatkannya. Adalah Google Drive, service penyimpanan online atau online storange berkapasitas 5GB! Untuk mendapatkan service tersebut anda hanya perlu memiliki Google Account, jadi jika anda sudah memiliki email berbasis Google/Gmail maka anda sudah dapat mempergunakan fasilitas tersebut, Caranya? Mudah! Buka saja halaman utama Google lalu lihat menu dibagian atas, disana ada menu bertuliskan "Drive". Klik menu tersebut maka anda akan diarahkan ke halaman login account google, lakukan login dan halaman utama Google Drive akan muncul. Berikut Screen shootnya :


Berikut Fasilitas yang ditawarkan Google Drive :

1. Unggah File / Upload File

Penggunaannya cukup mudah, jika anda ingin menambah file cukup click tombol Upload dan pilih file/folder yang ingin anda upload. Selesai, file anda akan tersimpan di online storange anda!

2. Create New File / Membuat File Baru

Selain upload file yang sudah ada, Google Drive juga memberikan fasilitas untuk membuat file baru seperti Spreadsheet, Document, Presentation, Form, Script, Drawing. Caranya? Cukup click tombol berwarna merah dibagian kiri atas halaman utama Google Drive.

3. Sharing File / Berbagi Pakai File

Fitur ini cukup menolong jika anda bekerja secara tim / kelompok, Dengan fitur share ini anda dapat mengerjakan 1 file dengan beberapa orang sekaligus tanpa ribet-ribet mengirimkan email ke rekan kerja anda. Cukup click / tandai file yang akan anda sharing, maka akan muncul tombol Share dibagian atas tampilan google driv, click tombol share tersebut maka akan tampil window share seperti dibawah :


Masukan alamat email di kolom Invite people lalu pilih Save & Share! Anda dapat memberikan akses secara full atau pun read only kepada rekan kerja anda. Selain itu anda dapat share melalui Email, Google Plus, Facebook dan Twitter. Setelah anda menambahkan rekan anda, maka rekan anda akan dapat mengakses file tersebut melalui menu Shared With Me. Selesai, teman anda dapat bekerjasama dengan anda secara mudah dan praktis!

4. File Synchronize / Sinkronisasi File

Adalah fitur paling WOW dari google drive, dengan fitur ini anda dapat mengedit file secara offline namun akan secara langsung terupdate/tersinkronisasi dengan file yang anda simpan secara online di Google Drive, Caranya adalah dengan menggunakan Google Drive For PC. Dapat didownload DISINI
Setelah anda install aplikasi tersebut maka di komputer anda akan otomatis muncul folder baru bernama My Google Drive. Selanjutnya letakan file yang ingin anda letakan di penyimpanan online google dalam folder tersebut, maka akan secara otomatis file tersebut tersinkronisasi jika anda melakukan edit atau perubahan.


Selanjutnya silahkan eksplorasi sendiri ya, kepanjangan artikelnya kalo dijelasin semua :D

Cukup berguna bukan? Zaman sekarang ga perlu flashdisk lagi, cukup koneksi internet maka file anda bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. :D

Sekian Tips & Trick IT kali ini, semoga berguna. 

2 comments:

Silahkan Dikomentari Bro/Sis!